Musik dan HAM?

Musik dan HAM?

Musik adalah salah satu media sederhana untuk menyuarakan sebuah keresahan yang ada, musik menjadi sebuah jembatan yang akhirnya menjadi sebuah media eksotis bagi para pembuatnya untuk mewakilkan apa yang dipikirkannya, apa yang diresahkannya juga.

Bukan sebuah hal baru didalam dunia musik bahwasannya media ini menjadi media mengkritisi para penguasa, sebut saja ada Iwan Fals, ada Harry Roesli dan yang lainnya, atau yang saat ini sedang populer adalah Jason Ranti dengan musik-musiknya yang bertemakan kritik sosial dan politik untuk saat ini.

Hak Asasi Manusia atau HAM yang biasa kebanyakan orang katakan menjadi topik serius di negeri ini, banyaknya kasus HAM yang tidak terungkap, memicu adanya krisis kepercayaan kepada penegak hukum yang ada. Permasalahan HAM ini bukan yang pertama kalinya diungkapkan, sudah banyak aktivis atau musisi yang bergerak untuk menyuarakannya, namun permasalahan ini tidak kunjung usai.

Novel Baswedan adalah salah satu orang yang mengalaminya, dua tahun berselang setelah tragedi penyiraman air keras ke tubuhnya ini belum kunjung usai, tidak seperti kasus Munir sebelumnya dimana pelaku kriminalnya sudah ditangkap dan diadili namun dalangnya tetap selamat, tapi kasus Novel Baswedan ini lebih parah, lebih akut dari apapun juga, jangakan dalangnya, pelaku penyiramannya pun hari ini belum ditemukan.

Novel Baswedan hanya salah satu contoh didalam sebuah etalase pelanggaran HAM yang ada di Indonesia, banyak lagi kasus pelanggaran HAM yang terjadi, seperti para aktivis yang dikriminalisasi oleh aparat-aparat negara.

Setelah serangkaian kejadian diatas lalu apa peran pemerintah yang masih sibuk hanya mengurusi infrastruktur saja?, sedangkan HAM adalah landasan yang paling fundamental didalam pembangunan negara, hak manusianya dilindungi dan hak manusianya diberikan jaminan yang sama atas keamanannya.

Seperti zaman VOC saat kolonial Belanda zaman dulu, jika diingat kembali pada saat zaman kolonial dulu banyak juga infrastruktur yang dibangun, salah satunya rel kereta api di pulau Jawa, tapi di sisi lain, pembangunan tersebut banyak menelan korban jiwa karena adanya pelanggaran HAM yang terjadi disana, dari itu semua semestinya ada pembelajaran sederhana, percuma sebuah pembangunan infrastruktur negara dicanangkan dimana mana,tapi kasus HAM malah justru di kebiri.

This Post Has One Comment

  1. Keren. Jangan sampe tutup mata !

Leave a Reply

TUTUP